Rabu, 01 Maret 2017

Definisi & Pengertian Kolesterol Jahat ( LDL )

Sedang mencari informasi tentang penyakit kolesterol dari mulai definisi, pengertian, gejala, ciri, tanda, penyebab, bahaya dan informasi seputar kolesterol lainnya ?

Jika benar demikian, Anda tepat sekali berkunjung ke InfoTentangPenyakitKolesterol.BlogSpot.Co.Id, karena disini kami akan memberikan berbagai tentang penyakit kolesterol secara lengkap.

Definisi & Pengertian Kolesterol Jahat ( LDL )

Definisi & Pengertian Kolesterol Jahat ( LDL )

Definisi & Pengertian Kolesterol Jahat ( LDL ) - Setelah sebelumya pernah kami bahas tentang kolesterol baik ( HDL ) yang merupakan salah satu jenis kolestetol dalam darah. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas satu lagi jenis kolesterol dalam darah yaitu kolesterol jahat ( LDL ).

Seperti yang telah kami jelaskan pada artikel sebelumya. Kolesterol adalah zat lemak yang dikenal sebagai lipid dan sangat penting untuk fungsi normal tubuh.

Baca juga :


Memiliki tingkat terlalu tinggi lipid dalam darah Anda (hiperlipidemia) dapat memiliki efek pada kesehatan Anda. Kolesterol tinggi itu sendiri biasanya tidak menimbulkan gejala apapun, tetapi dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan yang serius.

Low density lipoproteins (LDL) juga dikenal sebagai "kolesterol jahat," dapat membangun di arteri dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti serangan jantung atau stroke. Secara lebih spesifik, fungsi utama dari LDL adalah untuk mengangkut kolesterol dari hati ke jaringan dengan menggabungkannya ke dalam membran sel.

Makan terlalu banyak makanan yang mengandung jumlah tinggi lemak meningkatkan tingkat kolesterol LDL dalam darah Anda. Ini dikenal sebagai kolesterol tinggi, juga disebut hiperkolesterolemia atau hiperlipidemia.

Apa saja hal yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol naik ?

Diet. Lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan yang Anda makan membuat kenaikan kadar kolesterol darah Anda.

Berat badan. Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung. Hal ini juga cenderung meningkatkan kolesterol Anda. Kehilangan berat badan dapat membantu menurunkan LDL Anda dan tingkat kolesterol total, serta meningkatkan HDL dan menurunkan kadar trigliserida Anda.

Aktivitas fisik. Tidak aktif secara fisik merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung. Aktivitas fisik secara teratur dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (baik) kadar kolesterol. Hal ini juga membantu Anda menurunkan berat badan.

Baca juga :

Lalu, berapakah angka, jumlah dan kadar kolesterol normal dalam darah ?

Karena sifatnya yang jahat, LDL atau kolesterol jahat sebaiknya berada pada tingkat yang rendah atau dapat ditoleransi tubuh, yaitu kurang dari 100 mg/dL. Jumlah LDL 100-129 mg/dL dapat dikatakan sebagai ambang batas toleransi. Jika melebihi  jumlah tersebut kolesterol jahat dapat  menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, penyakit jantung, dan stroke.

Jumlah LDL 130-159 mg/dL dapat dikatakan memasuki ambang batas tinggi, dan jika jumlahnya telah mencapai 160-189 mg/dL sudah masuk level tinggi. Sedangkan jumlah LDL 190 mg/dL dan selebihnya, sudah berada pada level sangat tinggi, alodokter.com.

Itulah definisi dan pengertian kolesterol jahat ( LDL ). Semoga informasinya bermanfaat, terimakasih :)

Baca juga artikel lainnya :



Definisi & Pengertian Kolesterol Jahat ( LDL )

0 komentar:

Posting Komentar

Sample Text

Informasi tentang penyakit kolesterol dari mulai definisi, pengertian, gejala, ciri, tanda, penyebab, bahaya dan informasi seputar kolesterol lainnya.
Diberdayakan oleh Blogger.